Senin, 13 Januari 2014

RPP Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran                      : Kimia
Satuan Pendidikan                : SMA
Kelas/semester                       : XI/2
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit
Pertemuan ke-                       : 9 (sembilan)
Standar Kompetensi             :
Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode  pengukuran, dan terapannya.
Kompetensi Dasar
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Indikator                                :
1. Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut.
2. Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan atau pengendapannya.
3. Menuliskan ungkapan berbagai Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.

I. Tujuan Pembelajaran
·         Tujuan Kognitif
Siswa dapat :
11. Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut.
12. Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan berdasarkan tingkat kelarutan atau pengendapannya dengan rumus.
13. Menuliskan berbagai harga Ksp elektrolit yang sukar larut dalam air.

·         Tujuan Afektif
1.   Mengajukan pertanyaan
2.   Aktif mendengar
3.   Mengajukan pendapat
4.   Menjawab pertanyaan
5.   Bekerja sama dalam kelompok

II. Materi Ajar
·         Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

III. Metode Pembelajaran
·         Kooperatif tipe investigasi kelompok

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
·         Kegiatan Awal (± 5 menit)
1.      Salam pembuka
2.      Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran, tentang pentingnya pelajaran, serta mempersiapkan siswa untuk belajar.
·         Kegiatan inti (± 70 menit)
Penerapan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.
1.   Memilih Topik
      Pada tahap ini ada dua subtopik yang akan dipilih siswa, yaitu Kelarutan (s) dan Tetapan hasil kali kelarutan.
2.   Perencanaan Kooperatif
      Pada tahap ini siswa duduk dalam kelompoknya. Masing-masing kelompok merencanakan kerja sama, menyelesaikan permasalahan, merumuskan masalah, dan dengan cara bagaimana masalah tersebut dapat diselesaikan. Apakah dengan cara meringkas terlebih dahulu atau mengerjakan soal-soal yang ada.
3.   Implementasi
      Siswa berdiskusi didalam kelompoknya tentang Kelarutan (s) dan Tetapan Hasil kali kelarutan (Ksp) dan  menggali informasi sebanyak-banyaknya dari sumber belajar yang berbeda.
4.   Analisis dan Sintesis
      Siswa menelaah dan membuat ringkasan (poin-poin penting) tentang Kelarutan (s) dan Tetapan Hasil kali kelarutan (Ksp) yang akan dipresentasikan.
5.   Presentasi Hasil Final
      Kelompok menyajikan hasil
·         Kegiatan Akhir (± 15 menit)
1.   Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
2.   Evaluasi

V. Sumber Belajar
·         Buku pelajaran kimia lainnya yang relevan.
·         LKS

VI. Penilaian
·         Penilaian Kognitif
Nilai diperoleh dari hasil uji kemampuan (pre test), hasil diskusi dalam memahami materi dan mengerjakan LKS, dan hasil evaluasi masing-masing siswa setelah pembelajaran.
·         Penilaian Afektif
Nilai didapat dari pengamatan guru terhadap siswa dalam proses pembelajaran berlangsung.





No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah
Ket.
1
2
3
4
5
1








2








3








dst








30








Keterangan :
1 = Mengajukan pertanyaan
2 = Menjawab pertanyaan
3 = Mengajukan pendapat
4 = Bekerja sama dalam kelompok
5 = Aktif mendengar

Nilai afektif   :   -  17-20    = A
                          -  13-16    = B
                          -   9-12     = C
                          -   5-8       = D
Skor                 : -   Amat baik   = 4
                          -   Baik            = 3
                          -   Cukup         = 2
                          -   Kurang        = 1

VII. Evaluasi
1.      Jika konsentrasi AgCl yang terlarut telah mencapai maksimum , maka persamaan tetapan kesetimbangan AgCl yaitu …..

a.
               
                           
b.
           
           c.
           
           d.
           
          e.
          


2.       Perhatikan kesetimbangan yang terjadi  dalam larutan jenuh Ag2CrO4

Ag2CrO4(s)                2Ag+(aq)            +          CrO42-(aq)

Jika konsentrasi Ag2CrO4 dinyatakan dengan s, maka konsentrasi ion Ag+ dalam larutan itu sama dengan 2s, dan konsentrasi ion CrO42- sama dengan s.
Di bawah ini pernyataan yang benar tentang hubungan nilai kelarutan (s) dengan Ksp adalah ……
a. Ksp = s2                                                         c. Ksp = 4s3                                     
b. Ksp = s3                                                         d. Ksp = 4s4
e. Ksp = 16 s4

3.      Pada suhu tertentu tetapan hasil kali kelarutan (Ksp) garam PbSO4 = 1 x 10-8. Besarnya tetapan kesetimbangan reaksi-reaksi sebagai berikut.

a. PbSO4                               Pb2+ + SO42-                   K = 5 x 10-1

b. Pb2+ + CrO42-                    PbCrO4              K = 4 x 1012

c. PbS + CrO42-                     PbCrO4+S2-                   K = 8 x 10-8

Dari data di atas,  tetapan hasil kali kelarutan garam PbS adalah …..
a. 4 x 10-28                                           c. 1,6 x 10-3
b. 1 x 10-6                                            d. 1600
e. 4 x 1028


Tidak ada komentar:

Posting Komentar